QnA

QnA

Ini adalah halaman FAQ

  • Apa itu olimpiade astronomi? Materi apa saja yang diujikan dalam olimpiade astronomi?

    Olimpiade astronomi adalah perlombaan bidang astronomi tingkat SMA.

    Secara garis besar materi yang diujikan adalah Matematika dan Fisika, Astrofisika, Mekanika Benda Langit (MBL), Astronomi Posisi (Aspos), Kosmologi, Galaksi dan Ekstragalaksi, Fisika Bintang (Fisbin), dan Instrumentasi.

  • Saya pemula dalam olimpiade astronomi, apa yang harus saya lakukan untuk memulainya?

    Ikuti minimal satu langkah berikut

    • Cari guru/kakak kelas/kenalan/tutor yang jago di bidang astronomi, minta ajarkan oleh mereka. Banyak veteran astronomi yang menawarkan diri jasa mengajar, biasanya sekitar 100 ribu/jam. Bisa juga ikuti kelas-kelas olimpiade oleh lembaga-lembaga olimpiade. Cara paling murah ya kakak kelas atau guru atau sekolah yang memanggil pengajar/tutor
    • Baca buku astronomi, ikuti perkembangan astronomi semisal lewat internet. Di YouTube banyak video-video menarik mengenai astronomi. Relakan waktu santai dengan belajar astronomi!
    • Mulai berlatih mengerjakan soal-soal astronomi, di SMA biasanya ada di Mata Pelajaran Fisika. Cari juga soal-soal astronomi semisal dari buku khusus astronomi atau bahkan berselancar di internet. Untuk saran buku-buku, bisa dicek di bawah.

    Harus diingat, olimpiade astronomi memiliki level di atas level SMA. Dibutuhkan daya pikir yang kreatif dan komprehensif, bisa diasah dengan terus berlatih layaknya binaragawan.

  • Buku referensi?

    Bahasa Indonesia

    • Diktat astronomi Hans, berisi kumpulan materi yang diambil dari banyak sumber oleh Hans. (entah siapa beliau, sangat membantu.) Materi yang disajikan masih dasar meskipun campuraduk dengan materi yang lebih susah. Bisa didapatkan di Internet ataupun teman-teman olimpian astronomi, sangat umum digunakan di mana-mana.
    • Buku Pelangi, karya TPOA. Berisi materi-materi dasar seperti buku Hans, namun ditulis langsung oleh Dosen-Dosen astronomi ITB. Materi yang disajikan bercampur tingkat kesulitannya, namun sangat bagus untuk memulai olimpiade astronomi. Bisa didapatkan dengan membeli secara online, namun kadang kala bertengger di rak buku Gramedia. Harga sekitar 100 -200 ribu.
    • Buku kumpulan soal dan jawaban OSK, OSP, OSN karya TPOA. Buku ini sangat membantu olimpian mengenal olimpiade astronomi lebih dekat. Bisa didapatkan secara online maupun kadang kalan di Gramedia. Sekitar 100 ribu/buku.
    • Buku Sakti karya TOASTI. Buku yang sangat sakti, dengan hanya membukanya sang pembaca sudah menjadi legenda dalam diri sendiri. Buku ini karya veteran-veteran OSN astronomi dan banyak yang juga merupakan olimpian IOAA/IAO, sehingga cara penyampaiannya lebih milenials dibanding buku-buku lainnya. Materi yang disajikan bisa dibilang lebih berat selevel OSP ke atas. Bisa didapatkan secara online maupun di Gramedia. TOASTI juga menyediakannya kalau-kalau ada yang mau membeli secara langsung. Harganya pun sangat murah, sekitar 50 ribu/buku.
    • Bintang-bintang di Alam Semesta, Suplemen Astrofisika, dll. Buku-buku lainnya yang sebenarnya saya sendiri tidak pernah baca, hehe.

    Bahasa Inggris

    • Fundamental Astronomy karya Hannu Kartunen dkk. Buku yang sangat wajar sekali dipegang semua anak Pelatnas. Berisi materi-materi fundamental mengenai astronomi, lebih jelas namun singkat. Lebih banyak mengenai Astrofisika dan Mekanika Benda Langit. Sangat disarankan untuk dibaca oleh semua kalangan. Bisa didapatkan secara bajakan di internet (Cuma memberi tahu, tidak menyuruh ya), namun alangkah baiknya membaca versi aslinya semisal di perpustakaan hehe.
    • Principle and Practice karya A. E Roy. Buku ini juga wajar sekali digunakan anak-anak Pelatnas. Banyak membahas mengenai waktu, tata koordinat, dan Mekanika Benda Langit. Dua buku ini (Fundamental dan PP) menurutku sudah cukup untuk meluncur sampai level OSN. Bisa didapatkan secara bajakan di internet (Cuma memberi tahu, tidak menyuruh ya), namun alangkah baiknya membaca versi aslinya semisal di perpustakaan hehe.
    • Textbook on Spherical Astronomy karya W. M. Smart. Buku komprehensif di bidang astronomi bola. Sangat bagus untuk memperdalam pemahaman mengenai astronomi bola. Kekurangannya interface buku ini masih jadul, sehingga menyulitkan kawula muda untuk bercengkama dengannya. Bisa didapatkan secara bajakan di internet (Cuma memberi tahu, tidak menyuruh ya), namun alangkah baiknya membaca versi aslinya semisal di perpustakaan hehe.
    • Introduction to Modern Cosmology karya Andrew Liddle. Buku ini dipakai di kuliah Pelatnas. Berisi materi-materi Kosmologi, namun lumayan bisa diikuti anak-anak SMA karena menggunakan sedikit Kalkulus dan pendekatan Newtonian. Sangat bagus untuk membangun pengetahuan di bidang kosmologi. Bisa didapatkan secara bajakan di internet (Cuma memberi tahu, tidak menyuruh ya), namun alangkah baiknya membaca versi aslinya semisal di perpustakaan hehe.
    • Introduction to Cosmology karya Barbara Ryden. Buku yang kadang-kadang dipakai juga di Pelatnas. Menurutku buku ini lebih berat dibanding Liddle, sebab banyak sekali menggunakan Kalkulus. Isinya saling melengkapi dengan buku Liddle, sehingga bisa dibilang tidak ada yang lebih komprehensif, meskipun keduanya komprehensif. Aku condong membaca Liddle dahulu, baru membaca Ryden. Bisa didapatkan secara bajakan di internet (Cuma memberi tahu, tidak menyuruh ya), namun alangkah baiknya membaca versi aslinya semisal di perpustakaan hehe.
    • An Introduction to Modern Astrophysics karya Carroll & Ostlie. Buku supertebal yang membahas Astrofisika lebih mendalam dibanding Fundamental. Bagus sekali untuk diperdalam karena melengkapi penjelasan-penjelasan dari buku Fundamental maupun PP. Tampilan modern sehingga asik dibaca dan mudah dipahami. Sangat direkomendasikan untuk semua kalangan khususnya kalian anak-anak Pelatnas! Bisa didapatkan secara bajakan di internet (Cuma memberi tahu, tidak menyuruh ya), namun alangkah baiknya membaca versi aslinya semisal di perpustakaan hehe. Di Pelatnas pun, buku ini disediakan, jadi jangan disia-siakan ya!
    • IOAA Book disusun oleh Sule. Buku kumpulan soal-soal beserta solusi IOAA versi Sule, seorang pegiat astronomi dari India (kadang-kadang tim leader nya India). Buku ini wajib dibaca setiap golongan Pelatnas, sebab tujuan kalian ikut Pelatnas supaya ikut IOAA, jadi baca dan kerjakan ya! Bisa didapatkan di meja belakang ruang kelas Pelatnas dengan Mentor. Untuk versi softfile aku tidak tahu dari mana, tapi aku dapat dari entah-siapa-saya-lupa.
  • Apa saja perlombaan yang berlatarkan astronomi? Apa itu OSN?

    Sampai detik ini yang saya tahu Cuma OSN dan IOAA (serta IAO dan AphAO), tapi ada beberapa lomba yang diadakan universitas seperti Astara Ganesha punya Himastron ITB.

    OSN (Olimpiade Sains Nasional) sendiri adalah perhelatan akbar yang diselenggarakan Kemendikbud untuk mencari bibit-bibit unggul anak bangsa yang pantas mengalungi medali perunggu, perak, atau emas. Umumnya para medalis akan diundang ke Pelatnas.

  • Proses menuju OSN?

    Secara garis besar, jalan menuju OSN melewati rintangan yang panjang dan melelahkan

    • Seleksi sekolah, ini seleksi awal yang diadakan sekolah masing-masing. Biasanya sekolah diizinkan mengirimkan maksimal 3 siswa per bidang untuk berlaga di OSK
    • Seleksi Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (OSK), ini seleksi yang lebih besar dan diadakan masing-masing kota/kabupaten dengan tingkat kesulitan soal di atas rata-rata. Umumnya diambil 1 orang terbaik tiap kabupaten/kota. Namun di beberapa daerah memiliki kebijakan yang bervariasi. Contohnya Jawa Tengah menggunakan sistem passing grade, sehingga tidak peduli peringkat kota/kabupaten, hanya peduli peringkat provinsi.
    • Seleksi Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSP), seleksi yang lebih tinggi dan tentunya tingkat kesulitan soal sudah jauh di atas rata-rata. Tiap provinsi memiliki jatah minimum 1 orang, yang disebut perwakilan. Sehingga sudah terdapat 34 siswa tiap bidang. Lalu sekitar 60 kursi lainnya diperebutkan secara passing grade. Umumnya mereka yang lolos OSP berasal dari pulau Jawa.
    • Olimpiade Sains Nasional. Selamat, anda sudah mencapai OSN! OSN biasanya diselenggarakan selama seminggu dengan tuan rumah yang bergantian. Hal menarik dari OSN adalah kalian jalan-jalan dan tinggal di hotel mewah! Kalian bisa bertemu berbagai siswa-siswa jenius dari seluruh Indonesia dan juga menikmati budaya lokal tuan rumah. Tentu saja, hal utama yang umumnya diincar para peserta adalah medali. Di sini tinggat kesulitan soal sudah terlalu jauh di atas rata-rata, dibutuhkan kejeniusan tinggi untuk mengupas setiap persoalan. Pada level ini juga dilaksanakan sesi praktikum. Selamat menikmati!