Apa itu astronomi?

Apa itu astronomi?

Apa sih astronomi itu? Mungkin pertanyaan ini pernah terbesit dipikiran kita. Apakah astronomi itu adalah mengamati bintang di sebuah observatorium besar malam-malam sendirian?

Astronomi adalah ilmu sains yang mempelajari benda-benda langit dan alam semesta secara menyeluruh. Ilmu sains ini berurusan dengan benda-benda berukuran sangat kecil seperti proton-elektron sampai benda-benda berukuran maha besar seperti galaksi dan struktur-struktur besar lainnya. Selain itu, astronomi juga berkutat pada rentang waktu yang luar biasa lebar, mulai dari orde waktu plank1 sampai dengan miliaran tahun.

Kata astronomi berasal dari bahasa inggris astronomy yang berasal dari bahasa yunani αστρονομία (astronomia) yang terdiri dari dua kata ἄστρον (astron) yang berarti bintang dan -νομία (nomia) yang berarti hukum.2

Mungkin beberapa orang berpikir astronomi itu asyik, cuma ngamat-ngamat bintang yang bertaburan di luasnya langit malam. Menghafal rasi-rasi bintang, menentukan arah, menentukan zodiak seperti scorpius sang kalajengking. Namun, ternyata astronomi membutuhkan dua disiplin ilmu terpenting, yaitu Fisika dan Matematika. Jangan berkecil hati, astronomi tetaplah menyenangkan dan menegangkan.

Sebenarnya, dahulu orang-orang telah mempelajari langit dan keteraturannya, lalu mencocokkannya dengan kehidupan manusia, yang disebut astrologi yang berarti ilmu perbintangan. Istilah ini lebih cocok untuk menjelaskan ilmu astronomi itu sendiri. Namun, karena sainstis sangatlah pemalas dalam penamaan, mereka akhirnya mengalah dan memilih nama astronomi saja untuk bisa dibedakan dengan astrologi yang bukanlah ilmu sains.

Jadi apa saja sih yang dipelajari di astronomi?

Astronomi mempelajari banyak hal seperti keteraturan langit malam, peredaran Matahari Bulan, simtem kalender, Luar angkasa, bintang, planet, bumi datar, bumi bulat, Satelit Ulang-alik, meteor, asteroid, komet, Galaksi, black hole, Supernova, Medium antar bintang, Kosmologi, Big Bang, dan masih banyak lagi.

Di sini, saya ingin meluruskan dan menjelaskan kepada kita semua dasar-dasar ilmu ini, karena astronomi adalah sains yang dekat dengan kita. Bintang-bintang sangatlah mudah ditemukan. Luar angkasa terkesan jauh, namun sangatlah dekat. Bumi yang kita pijak berada di tata surya kita dengan matahari sebagai pusat.

Langit adalah teman baik leluhur kita. Langit adalah benda menakjubkan pertama yang manusia amati di malam hari. Seperti bagaimana 1 + 1 = 2, yang merupakan pengetahuan umum, atau jika saya melepas genggaman pada apel maka apel akan terjatuh. Itu adalah ilmu-ilmu dasar yang mestinya kita ketahui.

Jangan sampai, di abad ke 21 ini, kita masih belum tahu di mana kita tinggal. Kita harus mengenal bumi yang kita sayangi ini. Kita harus mengetahui paling tidak dasar-dasar kelangitan, yang merupakan teman baik leluhur kita.

Malam!

catatan
1 https://en.wikipedia.org/wiki/Planck_time
2 https://en.wikipedia.org/wiki/Astronomy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *